Manfaat Buah Durian yang Bagi Kesehatan yang Fenomenal !

Posted on

Manfaat Buah Durian | Sobat pasti sudah tidak asing dengan Raja Buah yang berasal dari Asia Tenggara yang disebut dengan Durian. Buah yang memiliki banyak sekali duri ini memiliki aroma yang sangat khas yang menjadi ciri khas nya. Banyak sekali yang mengidolakan sang raja buah ini, namun juga tak sedikit yang tidak menyukainya karena aromanya dan bentuknya yang sedikit lembek.

Kandungan yang dimiliki durian banyak sekali sehingga dapat berkhasiat untuk kesehatan. Apa saja sih kandunga serta manfaat yang dimiliki buah durian ? Yuk langsung saja kita ulas lebih mendetail supaya sobat dapat mengetahui dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kandungan Buah Durian

Yuk simak apa saja sih kandungan yang dimiliki oleh si raja hutan ini ? Sobat pasti juga sudah sangat penasaran bukan ?

  • Antioksidan
  • Fosfor
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Lemak tak jenuh
  • Magnesium
  • Omega 3 dan 6
  • Polyfenhol
  • Protein
  • Thiamin
  • Vitamin
  • Vitamin C

Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan yang terdapat pada buah dirian saatnya kita ulas manfaat dan khasiat yang dimilikinya. Inilah Khasiat dan Manfaat Buah Durian yang belum banyak diketahui.

Sumber Kalori

Kalori dan lemak yang dimiliki buah durian cukup tinggi yakni sekitar 357 kalori dalam setiap cangkir buah durian. Sedangkan kandungan lemak yang dimilikinya sekitar 13 gram per porsi untuk 33 persen dari kalori. Bagi yang membutuhkan kalori cukup banyak dapat menambahnya dengan asupan buah durian namun jangan berlebihan yaa. Karena apapun yang berlebihan pastinya juga tidak baik.

Sumber Karbohidrat

Buah durian juga memiliki kandungan karbohidrat sekitar 130 gram dalam secangkir buah durian. Waah cukup banyak bukan ? Sehingga jika ingin mengkonsumsi durian pastikan untuk membatasi asupan karbohidrat dari makanan lain yaa 🙂

Sumber Protein

The King of Fruits ini memiliki kandungan gizi yang lengkap salah satu yang dapat dipenuhinya adalah protein. Kandungan proteinnya sekitar 3.6 gram pada setiap cangkirnya. Dalam penelitian pada Mei 2010 yakni dari “American Journal of Gastroenterology” menunjukkan bahwa protein dari daging dan ikan dapat menyebabkan peningkatan risiko sindrom iritasi usus besar, sehingga mendapatkan protein dari buah-buahan, sayuran dan sumber-sumber lain mungkin akan lebih baik untuk menekan resiko ini.

Sumber Vitamin dan Mineral

Kebutuhan vitamin B dan C serta mineral dapat ditunjang oleh gizi yang dimiliki buah durian. Pada setiap porsi cangkir buah durian terdapat sekitar 80% vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Vitamin C ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga sistem imunitas serta pembentukan kolagen.

Besi dan Tembaga

Fungsi zat besi adalah sebagai salah satu pembentuk sel darah merah. Selanjutnya mangan yang terdapat dalam buah durian dapat befungsi untuk kesehatan tulan, gigi dan kulit.

Kalium

Kalium merupakan elektrolit penting yang membantu mengontrol tekanan darah yang juga banyak terdapat pada manfaat pisang. Zat kalium ini berfungsi untuk menjaga kadar natrium dan membantu mengatur detak jantung.

Triptopan

Triptopan juga disebut sebagai obat tidur alami. Kandungan ini ternyata juga dimiliki oleh buah durian. Triptopan berfungsi bekerja dengan mengatur metabolisme menjadi berbagai neurotransmitter, dan dapat membantu dalam induksi tidur, bahkan menjadi pengobatan untuk epilepsi.

Tiamin

Ketika tubuh membutuhkan lebih banyak tiamin, maka buah durian dapat digunakan sebaga alternatif sumber tiamin alami seperti yang terdapat pada kacang hijau. Kandungan tiamin yang dimiliki oleh buah durian sekitar 30% tiamin dari asupan harian yang direkomendasikan. Zat tiamin berfungsi menjaga metabolisme karbohidrat dalam tubuh, untuk berubah menjadi energi dan membantu dalam hal-hal seperti otot dan kesehatan saraf.

Folat

Seperti yang sudah mimin sebutkan diatas bahwa buah durian juga memiliki kandungan zat folat yang cukup tinggi dalam satu porsi buah durian berisi setidaknya 20% kebutuhan harian kandungan ini. Asam folat dapat membantu tubuh mencegah penyakit jantung, perkembangan janin, bahkan membantu fungsi otak berjalan dengan benar.

Efek Samping Buah Durian

Karena kandungan zat besi, karbohidrat, lemak, protein dan kalori yang cukup tinggi maka konsumsi buah durian tidak dianjurkan bagi :

  • Penyakit Diabetes
  • Penyakit Hipertensi/Darah Tinggi
  • Penyakit Jantung
  • Ibu Hamil dengan konsumsi yang dibatasi.

Anjuran Konsumsi Durian Yang Baik

Meski memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh namun hendaknya konsumsi buah diriah harus dibatasi dan tidak boleh berlebihan. Konsumsi buah durian hanya dianjurkan sekitar 100 hingga 200 gram saja hal ini pun hanya berlaku bagi orang-orang yang tidak memiliki penyakit seperti yang sudah mimin sebutkan diatas.

Baca juga : 11 Manfaat Buah Naga Ungu Untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui !

Inilah beberapa manfaat dan khasiat buah durian yang perlu anda ketahui. Simaklah artikel kami secara kontinue karena kami akan terus membagikan informasi kesehatan beserta tips dan triknya setiap hari. Sampai jumpa pada artikel Ilmumedis.com selanjutnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *