Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan (Terbukti Secara Imliah)

Posted on

Manfaat Buah Kelengkeng – Selamat malam sobat Ilmumedis.com, hari ini kami akan menyapa sobat dengan artikel kesehatan seputar manfaat buah kelengkeng. Buah yang memiliki rasa yang sangat manis ini merupakan salah satu buah favorit mimin loh ūüôā Apakah buah ini juga merupakan buah favorit kalian ?

Buah Kelengkeng atau yang populer dengan nama lengkeng ini memiliki banyak sekali sebutan diantaranya mata kucing dan logan. Buah dengan nama ilmiah Dimocarpus longan ini merupakan suku lerak-lerakan atau yang dikenal dengan Sapindaceae.

Lengkeng merupakan salah buah yang berasal dari Asia tepatnya Asia Tenggara. Pohon kelengkeng tingginya mencapai 40 meter dengan diameter 1 m. Daunnya majemuk dengan buah coklat kekuningan dan gundul.

Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan Tubuh (TERBUKTI)

Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat buah kelengkeng yang sangat baik bagi kesehatan tubuh :

Sumber Vitamin C

Buah kecil dengan daging berwarna putih ini mengandung banyak Vitamin C. Kandungan yang ada pada buah kelengkeng sekitar 84 miligram pada setiap 3.5 onsnya. Dapat dikatakan bahwa jumlah vitamin c pada buah kelengkeng mampu memenuhi 93 persen kebutuhan asupan vitamin C harian seorang pria, serta lebih dari 100 persen kebutuhan harian wanita.

Memperkuat Tulang

Khasiat dan manfaat dari buah kelengkeng adalah dapat memperkuat tulang. Dalam penelitian berjudul Maturitas pada tahun 2013 menyebutkan bahwa wanita menopause yang kekurangan mineral seperti tembaga di dalam tubuh secara signifikan akan lebih mungkin mengalami risiko terkena osteoporosis dengan bertambahnya usia mereka.

Bermanfaat Untuk Kesehatan Mata

Riboflavin adalah jenis dari Vitamin B Kompleks yang dimiliki oleh buah kelengkeng. Dalam penelitian Archives of Ophthalmology pada tahun 2005 bahkan menyebutkan bahwa tidak mengkonsumsi riboflavin dalam jumlah yang memadai dapat meningkatkan risiko gangguan mata, khususnya katarak. Sedangkan dengan mengonsumsi 3,5 ons kelengkeng kering bisa memenuhi kebutuhan asupan riboflavin sebanyak 38 persen untuk pria dan 45 persen untuk wanita berdasarkan angka kecukupan gizi/hari.

Meningkatkan Kecantikan dan Vitalitas

Manfaat buah kelengkeng lainnya adalah untuk kecantikan yakni memuluskan kulit dan membuat kulit nampak bersinar. Buah ini bahkan dikatakan dapat meningkatkan vitalitas dalam berhubungan seksual. Wanita Tiongkok mengkonsumsi buah kelengkeng sebagai obat kuat, hal ini sudah dilakukan secara turun temurun selama dua ribu tahun.

Membantu Menurunkan Berat Badan (DIET)

Bagi sobat yang sedang menjalani program diet maka dapat mengkonsumsi buah kelengkeng karena memiliki lemak dan protein yang cukup rendah. Dalam secangkir buah kelengkeng hanya memiliki 35 kalori saja sehingga aman bagi mereka yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

Sumber Energi Karbohidrat

Meskipun memiliki lemak dan protein yang rendah namun kelengkeng memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang dapat memenuhi kebutuhan asupan karbohidrat pada tubuh.

Mengurangi Stress

Jika sedang kacau atau merasa stress sobat dapat mengkonsumsi buah kelengkeng. Hal ini dikarenakan buah kelengkeng mengandung anti depresan.

Menyembuhkan Luka

Buah kelengkeng mengandung polifenol yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas serta mempercepat penyembuhan luka serta yang ada di dalam tubuh dan mampu mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Kelengkeng dapat mencegah anemia dan terbukti mampu mengendalikan kadar zat besi dalam tubuh.

Menyembuhkan Luka bakar

Buah kelengkeng dapat digunakan sebagai obat dalam menyembuhkan luka bakar. Caranya adalah dengan mengambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus  kulit kelengkeng yang telah menjadi arang kemudian campurkan dengan minyak tung (Aleuritis fordii). Bubuhkan pada bagian yg terbakar.

Antiradang dan Peredam Demam

Tidak hanya buahnya saja daun dari pohon kelengkeng  juga berkhasiat sebagai antiradang dan peredam demam. Caranya adalah dengan menumbuknya dan menempelkan pada dahi si penderita demam.

Menghilangkan Rasa Sakit dan Menghentikan Pendarahan

Manfaat lainnya dari buah kelengkeng adalah dari bijinya yang dapat berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan menghentikan pendarahan.

Baca juga : Manfaat Buah Durian yang Bagi Kesehatan yang Fenomenal !

Inilah 12 Manfaat Buah Kelengkeng yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk terus menyimak informasi di Ilmumedis.com karena kami akan mengulas tips kesehatan setiap hari khusus untuk sobat. See You Arround !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *